Cara menghilangkan ‘articles for you’ di Chrome untuk Android

Konten mengganggu di Chrome.
Aplikasi browser Chrome untuk Android dibekali banyak sampah.

Mulai dari tautan ke situs-situs populer yang tidak pernah aku kunjungi, hingga daftar artikel berkualitas rendah dari situs berita sampah.

Aku menggunakan browser bukan sekedar untuk membaca berita, melainkan untuk kebutuhan pekerjaan, misalnya mengetes tampilan website ketika dibuka di layar ponsel, mengetes kecepatan real time website, dan lain-lain. Makanya aku kurang suka dengan konten mengganggu yang tertanam di browser.

Untungnya, konten mengganggu bisa dihilangkan melalui Chrome Flags.

Apaan Chrome Flags?


Chrome Flags adalah fitur eksperimental yang tertanam di browser Chrome. Isinya adalah fitur-fitur testing dan uji coba dan belum dirilis resmi untuk Chrome. Bisa jadi fiturnya akan ditambah ke rilis versi berikutnya, atau malah dihilangkan sama sekali.

Mungkin mirip versi beta gitu ya. Ah bukan, menurutku lebih mirip Developer Options di Android, yang isinya fitur-fitur eksperimental tersembunyi khusus buat developer.

Konten mengganggu bawaan browser Chrome untuk Android bisa dihilangkan dengan cara mengubah beberapa setting di Chrome Flags.

Bukannya ada tombol untuk hidden?

Iya sih, untuk ‘articles for you’ memang ada tombol untuk menyembunyikan, tapi aku lebih suka dihilangkan saja secara permanen.

Cara menghilangkan ‘popular sites’ dan ‘articles for you’ melalui Chrome Flags.


Buka browser Chrome di Android. Akses Chrome Flags di alamat chrome://flags.

Tampilan halaman muka Chrome Flags.

Muncul peringatan bahwa mengubah setting flags berpotensi menghapus data browser atau membahayakan privasi. Abaikan saja, karena aku tidak mengubah setting lain kecuali hanya untuk mematikan konten mengganggu.

Masukkan di form pencarian, keyword “new tab”.

Cari keyword new tab.

Cari setting yang bertagar #explore-sites, #interest-feed-content-suggestions, dan #enable-ntp-remote-suggestions. Di bawah masing-masing setting kan ada tombol Default, sentuh itu, ubah opsinya menjadi Disabled.

Ubah setting menjadi Disabled.

Klik tombol Relaunch untuk memulai ulang browser Chrome dengan setting baru.

Ta da!

Chrome bersih dari konten mengganggu.

Sekarang tab baru sudah bebas dari konten mengganggu. Tidak ada lagi daftar link situs populer dan artikel untuk anda.

Untuk daftar link yang masih tersisa, bisa dihapus secara manual, atau biarin saja, lama-lama akan hilang tertimbun situs-situs yang sering dikunjungi.

Mengembalikan setting default Chrome Flags.


Di bagian atas Chrome Flags, ada tombol Reset all to default. Sentuh itu, kemudian sentuh tombol Relaunch. Semua setting yang sudah diubah akan kembali ke setting awal.

Atau supaya lebih ribet, kamu bisa mengubah satu-satu #explore-sites, #interest-feed-content-suggestions, dan #enable-ntp-remote-suggestions, ubah dari Disabled menjadi Default. Kemudian Relaunch.

Update: ‘articles for you’ sekarang tidak bisa dihilangkan.


😭

Sejak Chrome untuk Android versi 80 dirilis, setting #enable-ntp-remote-suggestions menghilang dari Chrome Flags.

Tiada lagi bisa menyembunyikan berita.

Komentar