Template Blogger Nano

Nano berasal dari bahasa Yunani νᾶνος (baca: nanus) yang punya arti kurcaci.

Nano merupakan prefix- atau awalan dalam sistem metrik yang bermakna sepermilyar. Satu nanometer sama dengan sepermilyar meter.

Kecil banget.

Konsep “kecil banget” inilah yang ingin kuaplikasikan untuk blog pribadiku ini.

Aku ingin menggunakan template yang “kecil banget” dalam hal ukuran halaman supaya ringan, cepat, namun tetap rapi dan nyaman dibaca.

Aku merancang template baru untuk Blogger, kuberi nama Nano.

Template Blogger Nano


Nano adalah template Blogger yang ringan, cepat, rapi, dan nyaman dibaca. Fiturnya sangat minimalis, namun tetap mengedepankan kekuatan utama dari sebuah blog, yaitu konten.

Nano hanya terdiri dari dua widget. Pertama adalah widget Blog, yang ini wajib ada di sebuah template Blogger, untuk memuat konten. Kedua adalah widget PageList, untuk menampilkan daftar halaman, aku pasang di bagian bawah.

Aku menonaktifkan bundel css dan js Blogger, meniadakan web font, menghapus sumber daya eksternal lain yang memberatkan loading, untuk membantu meringankan beban server dan beban hidupmu perambanmu.

Meskipun sangat minimal, fitur esensial blogging tetap ada.

Structured data Schema.org, breadcrumbs, Open Graph, Twitter Card, tombol share, formulir komentar, lengkap tersedia di template ini. Untuk formulir komentar, fitur reply tidak aktif gara-gara aku menonaktifkan bundel js Blogger. Jadi komentar di blog ini pakai klasik, bukan threaded, tidak ada fasilitas berbalas pesan.

Skor Lighthouse template Blogger Nano.
Skor Lighthouse untuk blog ini (14 Desember 2019).

Download Nano


Kode template Blogger ini aku bagikan secara bebas di GitHub.

Silakan kalau berani menggunakan, atau mau dipelajari, dikembangkan, dimodifikasi sesuai kebutuhanmu, merdeka!

Tidak ada komentar: