Cara memperpanjang SIM C di Satlantas Polres Karanganyar

Hari ini aku perpanjangan SIM C ke Satlantas Polres Karanganyar karena dua hari lagi masa berlakunya habis.

Syarat-syarat alias hal yang perlu disiapkan:
  • KTP
  • SIM
  • Bolpen
  • Uang 120 ribu rupiah

Langkah-langkahnya gini sih.

Pertama, dateng ke parkiran depan sebelah barat kantor Satlantas buat nitipin motor. Bayar parkir 2.000.

Kedua, nyebrang jalan ke fotokopian depan kantor, berikan KTP dan SIM lama, bilang perpanjang SIM. Nanti sama masnya sudah dikasih sepaket, fotokopi sama stopmap. Biayanya sih cuma 3.000 tapi tadi aku dikasih plastik buat SIM, jadi nambah 2.000 lagi.

Ketiga, menuju tempat praktik dokter. Lokasinya di dalem kampung di belakang gedung Satlantas. Antri dengan cara menusukkan salah satu fotokopi KTP dan SIM lama ke paku antrian. Di sini aku nunggu agak lama karena datangku kepagian, jam setengah delapan, padahal dokter buka jam delapan. Di sini dilakukan tes mata: buta warna dan rabun. Bayarnya 35.000 rupiah, dapet surat keterangan sehat.

Keempat, menuju loket 1, lokasinya di dalam gedung baru Satlantas. Masukkan surat kir dokter ke stopmap. Jangan lupa depan stopmap ditulis nama dan alamat (inilah gunanya bawa bolpen). Tumpuk saja stopmapnya di loket 1. Tunggu sampai dipanggil, stopmap dikembalikan plus dapet formulir untuk diisi.

Kelima, isi dulu formulirnya. Biodata pribadi plus tanda tangan dan nama terang (inilah gunanya bawa bolpen lagi). Selesai diisi, masukkan lagi ke stopmap, tumpuk ke loket 4 (yang tulisan depannya buat difabel?). Kalau bikin SIM baru numpuknya ke loket 2 atau 3 gitu.

Keenam, siapkan SIM lama, dipanggil masuk ruang tunggu foto. Di dalem ruang tunggu, akan dipanggil oleh pak polisi satu demi satu buat rekam sidik jari, tanda tangan, dan foto. SIM lama juga akan diminta oleh pak polisi.

Ketujuh, menuju loket BRI untuk membayar. Lokasinya di paling timur, sebelah loket 1. Nunggu saja nanti namanya dipanggil buat bayar. Biaya perpanjangan SIM C 75.000. Dapet tanda bukti membayar berupa fotokopi KTP dan SIM lama dengan stempel LUNAS.

Terakhir, menuju loket pengambilan SIM. Tumpuk aja bukti lunas di depan loket pengambilan. Ntar diambil buat ditukar SIM baru.

Selesai.

Aku datang jam setengah delapan, mulai tes kesehatan jam 8 lebih. SIM baru jadinya jam setengah sepuluh kurang. Prosesnya tidak sampai satu setengah jam.

Biaya yang aku keluarkan:
  • 2.000 parkir
  • 5.000 fotokopi + plastik SIM
  • 35.000 kir dokter
  • 75.000 perpanjang SIM

Total 117 ribu rupiah.

Itulah pengalamanku perpanjang SIM C di Satlantas Polres Karanganyar. Prosesnya termasuk gampang dan tidak terlalu lama. Okelah masih jauh dari standar operasional yang seharusnya 15 menit untuk perpanjangan, tapi ya tidak masalah karena antriannya juga banyak.

---

Satu yang kusayangkan, yang ngantri ngajukan SIM pada berdiri di depan loket 1 - 4, ngalangin jalan. Seharusnya duduk dulu sembari nunggu dipanggil, wong ya sudah disediakan kursi. Berdiri juga boleh sih, tapi ya jangan di tengah jalan. Lagian tidak perlu desakan dan rebutan karena bakalan dipanggil satu demi satu.

Kasian yang wira-wiri ke loket, ruang foto, loket BRI, musti susah payah ngelewatin kerumunan. 🙈

Atau sekedar saran buat Satlantas, loketnya dibikin urut ke kanan semua, jadi loket BRI letaknya setelah ruang foto, biar enggak perlu bolak balik. Hehehe.

---

Untuk perpanjang SIM A, SIM B atau lainnya prosesnya sama, yang beda cuma biaya perpanjangannya. Kalau SIM A 80.000, dan seterusnya. Kir dokter biayanya sama semua.

---

Untuk bikin SIM baru, prosesnya setelah foto, dilakukan ujian teori berbasis komputer dan ujian praktik. Kalau lulus baru bayar. Kalau nggak lulus, ujian ulang dulu, jadi enggak bayar di awal. (Kayaknya gini urutannya, aku agak lupa)

Bayarnya juga beda kalau bikin SIM baru, sedikit lebih mahal dibanding perpanjangan.

Komentar