Cara mengaktifkan akun Jenius

6 September 2018
Debit Permata mulai sulit digunakan bertransaksi.

Awal Agustus aku dapat email dari Google bahwa pembayaran G Suite bermasalah. Ketika kutanyakan ke customer care Permata, mereka mengatakan bahwa mulai pertengahan Juli, Permata memberlakukan OTP untuk setiap transaksi, sehingga tidak lagi bisa digunakan untuk pembayaran otomatis. Terpaksa kugunakan virtual debit card Entropay untuk membayar tagihan G Suite Agustus.

Sialnya, pertengahan Agustus Entropay tidak lagi melayani penerbitan dan penggunaan kartu virtual untuk pengguna di luar European Economic Area. Menyusul Entropay provider lainnya yang kerja sama dengan bank di Eropa, misalnya ecoPayz.

Suram.

Makanya sekarang aku mencoba Jenius.


Tentang Jenius


Jenius adalah aplikasi banking revolusioner yang diterbitkan oleh BTPN. Hanya menggunakan aplikasi Jenius di smartphone, kamu bisa membuka rekening, menabung, transfer, terima uang, dan layanan banking lainnya.

Hal yang paling menarik, BTPN memberikan kartu debit VISA, baik fisik maupun virtual, yang bisa digunakan untuk transaksi internasional.

Tidak heran banyak teman-temanku blogger, desainer, internet marketer, dan profesi digital lainnya yang merekomendasikan Jenius.


Mendaftar Jenius


Proses pendaftaran Jenius sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan tanda tangan di atas kertas putih.

Download dulu aplikasinya di Google Play. Buka aplikasinya dan ikuti saja proses registrasinya. Masukkan nomor ponsel, email, biodatamu, pekerjaan, NPWP (kalau ada), dan lain-lain.

Upload juga foto KTP, foto selfie memegang KTP, serta tanda tangan di kertas putih tadi.

Tidak sulit, tinggal mengikuti satu demi satu.

Setelah proses selesai, kamu akan mendapatkan akun Jenius, berupa nomor rekening BTPN dan cashtag Jenius. Cuma akunmu belum aktif, belum bisa digunakan untuk transaksi finansial.

Ada dua cara untuk mengaktifkan akun Jenius: minta kru Jenius mendatangimu, atau kamu yang mendatangi BTPN.


Aktivasi Jenius


Cara pertama tidak bisa kulakukan karena daerahku belum tercover. Setahuku baru sekitaran ibukota yang bisa meet Jenius crew. Karena aku tinggal di perdesaan, yah metode aktivasi yang bisa kulakukan hanyalah dengan mendatangi BTPN. Beruntung kantor cabang BTPN yang bisa melayani aktivasi Jenius sudah meluas. Dulu hanya bisa di Solo, sekarang Karanganyar sudah bisa.

Aku mengunjungi kantor cabang BTPN di Cangakan, Karanganyar untuk melakukan aktivasi Jenius. Mbak customer service menyiapkan tiga formulir yang wajib diisi.

  1. Formulir pertama adalah data instansi perusahaan tempat bekerja, plus nomor rekening BTPN yang didapat dari aplikasi Jenius.
  2. Formulir kedua adalah pernyataan tidak memiliki NPWP. Kalau kamu tidak memasukkan NPWP pada saat mendaftar.
  3. Formulir ketiga adalah biodata diri, termasuk nama, alamat, nomor KTP, dan lainnya.

Setelah aktivasi Jenius diproses, maka akunmu akan aktif dalam waktu 1x24 jam. Akunku sendiri aktif satu jam setelah kembali dari BTPN.

Sedangkan untuk dokumen, surat, dan lain-lain akan dikirim melalui pos, bisa ditujukan ke alamat perusahaanmu atau alamat rumah.
Bagikan ke Facebook, Twitter, atau kirimkan via email.
Tidak ada komentar

Tulis komentarmu :